Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru

Diposting pada

contoh-membuat-surat-lamaran-kerja-via-email

Contoh Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Via Email Terbaru Dengan Baik Dan Benar

loker-like.com – Mencari pekerjaan saat ini memang tidak mudah, karena perusahaan juga banyak kualifikasi mulai dari lulusan SMA/SMK sederajat hingga ke perguruan tinggi.

Pastinya para pencari kerja berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan pekerjaan sesuai yang diinginkan atau sesuai keahlian yang mereka miliki.

Bukan hanya pendidikan saja yang penting bagi para pencari kerja, namun juga para pencari kerja harus memiliki keahlian sesuai keinginan perusahaan.

Pada era digital seperti saat ini, para pencari kerja juga sudah harus bisa membuat surat lamaran kerja melalui online atau via email, jadi bukan hanya bisa membuat surat lamaran berbentuk fisik saja.

Bagi perusahaan saat ini akan lebih mudah membuat lowongan kerja secara digital, maka dari itu para pencari kerja wajib tahu mengenai cara membuat surat lamaran kerja via email.

Untuk para pencari kerja yang belum tau cara membuat surat lamaran kerja via email, jangan khawatir karena kami akan memberikan cara yang mudah untuk membuat surat lamaran kerja via email ini.

Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk langkah membuat surat lamaran kerja via email ini, jadi simak baik-baik ulasan kami ini.

Perbedaan Surat Lamaran Kerja Via Email dengan Via Dokumen Cetak

Surat lamaran kerja memiliki aturan penulisan menggunakan bahasa resmi, agar terkesan memiliki etika yang sopan dan terlihat serius.

Dalam isi surat lamaran kerja via email dan via dokumen juga hampir sama untuk isi tulisanya dan sama-sama menggunakan bahasa resmi.

Namun perbedaan yang paling mencolok adalah media yang digunakan, dimana untuk via email dokumenya menggunakan soft file yang menggunakan perangkat elektronik untuk melihatnya.

Untuk penulisanya juga diketik menggunakan perangkat komputer atau juga bisa menggunakan ponsel yang kemudian dimasukan ke lampiran, dan aja juga yang langsung diketik pada body email.

Sedangkan surat lamaran via dokumen cetak itu semua berkas harus berbentuk fisik dan bisa dipegang. Biasanya surat lamaran ini ada yang diprint dan ditulis tangan.

Untuk surat lamaran penulisan tangan itu biasa menggunakan kertas folio untuk media tulisnya dan biasanya diisi tentang data diri dan juga tujuan untuk melamar.

Berkas yang diprint/foto copy biasanya seperti KTP, ijazah, transkrip nilai, KK, NPWP, pas foto dan berkas dokumen pendukung lainya.

Keunggulan Surat Lamaran Kerja Via Email

Surat lamaran kerja via email pada saat ini lebih dipilih dibanding surat lamaran kerja via dokumen cetak. Bukan tanpa alasan, karena lamaran via email memiliki berbagai keunggulan yaitu :

1. Lebih Mudah Untuk Mengakses Data

Tidak bisa dipungkiri untuk sekarang mengakses data menggunakan komputer maupun ponsel itu sudah sangat mudah.

Bukan hanya email saja, untuk penyimpanan akses data melalui online juga bisa diakses menggunakan perangkat yang berbeda-beda.

Sedangkan jika menggunakan dokumen lamaran via media cetak, kemungkinan jika ada yang kurang berkas lamaranya harus bolak-balik ke tukang foto copy.

Kemungkinan berkas tercecer juga bisa, karena banyak dokumen yang harus difoto copy dan kemudian dikumpulkan dalam map.

Berbeda dengan media digital, karena berkas dokumen bisa langsung dikumpulkan dalam sebuah file dan bisa digunakan untuk banyak pengiriman lamaran via email.

2. Lebih Efisien

Keuntungan yang selanjutnya adalah lebih efisien untuk berbagai aspek, dimana dengan menggunakan media digital bisa memangkas waktu, biaya dan tenaga.

Hal ini juga sangat terasa ketika anda ingin melamar pekerjaan ke banyak perusahaan dan anda bisa dengan mudah mengirimkanya karena soft file lamaran tinggal dikirim.

Sedangkan jika menggunakan surat lamaran media cetak, waktu anda akan tersita untuk pembuatanya karena harus foto copy berkas lamaran dahulu.

Untuk berkas lamaran yang sudah jadi juga harus dikirimkan langsung ke perusahaan maupun dikirim melalui ekspedisi pengiriman.

Jadi jelas, jika berkas surat lamaran menggunakan media cetak itu akan menyita waktu, tenaga dan juga biaya karena buat perjalanan ke perusahaan atau biaya ongkos kirim ekspedisi pengiriman.

3. Kemungkinan Lebih Besar Mendapat Konfirmasi

Kemudahan akses email memungkinkan pihak perusahaan akan lebih cepat untuk mengkonfirmasi email berkas surat lamaran dari anda.

Berkas lamaran yang sesuai keinginan perusahaan juga akan menentukan berkas anda akan dipilih untuk perusahaan mereka.

Dengan menggunakan email, pihak perusahaan juga bisa langsung mengirim balasan ke banyak pelamar kerja untuk mengikuti seleksi selanjutnya.

Ada juga pihak perusahaan yang tetap mengkonfirmasi email pelamar kerja walaupun mereka tidak diterima pada perusahaan tersebut.

Hal ini karena memang mengkonfirmasi melalui email itu sangat mudah, jadi bagi anda yang tidak diterima, bisa tahu dan tidak perlu menunggu terlalu lama tanpa kepastian.

Tapi, perlu diingat karena semua keuntungan ini bisa didapat anda dengan cara anda harus teliti ketika melamar pekerjaan via email.

Berkas lamaran dan alamat email tujuan juga jangan sampai salah karena itu semua yang akan membuat anda diterima pada perusahaan yang anda inginkan.

Cara Membuat Lamaran Kerja Via Email

1. Gunakan Nama Email Sesuai Indentitas Anda/Profesional

Nama email yang profesional itu penting jika anda ingin mendaftar kerja menggunakan email, karena ini akan menggambarkan diri anda apakah serius untuk melamar atau hanya untuk coba-coba.

Jadi pihak perusahaan akan melihat nama email anda yang profesional dan akan lebih tertarik untuk membuka email anda, dari pada email dengan nama yang tidak profesional.

Perusahaan akan melihat bahwa ada nilai lebih dari nama email anda yang profesional dan artinya akan lebih mudah untuk anda diterima diperusahaan tersebut.

2. Siapkan Berkas Lamaran Yang Akan Dikirim

Selanjutnya menyiapkan berkas lamaran yang akan dikirim sesuai dengan apa yang dicantumkan perusahaan pada lowongan kerja. Contoh berkas yang harus disiapkan pada umumnya :

  • CV : Data diri pelamar, pendidikan, pengalaman kerja maupun keahlian yang sudah anda miliki.
  • Berkas pendukung : scan dan lampirkan berkas seperti KTP, ijazah terakhir, transkrip nilai, kartu keluarga, SKCK, surat keterangan dokter, NPWP dan lain sebagainya.

Jika sudah siap semua, berkas ini digabungkan menjadi 1 file menggunakan format yang sesuai seperti dicantumkan perusahaan pada lowongan kerja, misalnya bisa menggunakan format pdf.

3. Tulis Subject Email

Langkah selanjutnya yaitu buat pesan email baru dan masukan subject emailnya, karena ini yang akan memudahkan HRD perusahaan untuk memfilter email yang masuk.

Perusahaan biasanya akan mencantumkan subjek pada iklan lowongan kerja untuk anda mengirim email, contohnya “Nama” dan “posisi yang dilamar”.

Jika iklan lowongan kerja tidak mencantumkan subject, maka biasanya yang harus ditulis adalah “Nama” dan “posisi yang dilamar”.

4. Masukan Email Tujuan

Untuk email tujuan biasanya sudah tercantum pada info lowongan perusahaan, jadi anda jangan lupa untuk memasukan email tujuan agar berkas lamaran anda terkirim ditujuan yang tepat.

Biasanya email tersebut ditujukan pada HRD perusahaan maupun pada bagian seleksi penerimaan karyawan baru.

5. Isi Body Email

Selanjutnya isi body email karena ini sama saja salam pembuka untuk ada yang dibiasanya ditujukan pada HRD perusahaan.

Body email akan memberikan kesan yang baik untuk anda yang biasanya ditujukan kepada HRD dan ini penting untuk memberikan nilai lebih tentang anda.

Contoh yang biasa diisi pada body email adalah :

  • Perkenalkan diri anda
  • Posisi yang anda lamar
  • Kualifikasi untuk posisi yang anda lamar
  • Ceritakan pengalaman kerja anda secara singkat namun tetap relevan
  • Berikan ucapan terimakasih
  • Cantumkan kontak yang bisa dihubungi

6. Kirim Email Pada Jam Kerja

Penting bagi anda jika ingin mengirim email itu harus memperhatikan waktu yang tepat, karena ini akan mencerminkan diri anda untuk menghargai jam kerja diperusahaan tersebut.

Untuk waktu yang baik saat pengiriman surat lamaran kerja via email yaitu jam 08:00-16:00, karena pada jam tersebut biasanya karyawan perusahaan sedang bekerja.

Jangan lupa cek kembali semua berkas dan isi body email yang akan anda kirimkan, agar nantinya tidak terjadi kesalahan yang membuat anda tidak diterima diperusahaan tersebut.

Langkah-Langkah Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Untuk langkah pengiriman surat lamaran kerja via email, kali ini kami akan memberi contoh dengan menggunakan Gmail, dan berikut langkah-langkahnya :

1. Login ke Akun Gmail

Login pada Gmail dengan nama profesional anda, yaitu masukan email dan password anda jika anda sudah memiliki akun Gmail, atau daftar akun jika belum memiliki akun Gmail.

2. Pilih Menu Tulis/Compose

Ketika sudah berhasil login, kemudian pilih menu compose/tulis pada tombol/navigasi sebelah kiri, lalu tunggu sampai muncul pop up untuk menulis email.

3. Isi Alamat Email Tujuan

Langkah selanjutnya yaitu isi alamat email tujuan/perusahaan, namun untuk pengisianya harus dengan teliti dan jangan sampai salah tulis agar email terkirim dengan tepat pada tujuan anda.

4. Isi Judul Email/Subject

Kemudian isi subject email yang merupakan bagian penting pada email, karena subject email ini yang akan terlihat pertama kali ketika email masuk kepada email tujuan.

Terkadang perusahaan memiliki ketentuan isi subject tertentu untuk pengisianya, jadi perlu diperhatikan ketika melihat iklan lowongan kerja.

5. Isi Email

Untuk isi email merupakan bagian paling penting dalam pengiriman surat lamaran kerja via email ini, dan berikut contoh untuk pengisian isi email :

  • Salam Pembuka.
  • Isi surat lamaran seperti memperkenalkan diri, pekerjaan yang akan dilamar, dari mana mengetahui info lowongan kerja.
  • Ucapan terimakasih.
  • Salam penutup.
  • Nama pelamar.

6. Lampirkan Berkas Persyaratan

Berikut ini langkah untuk melampirkan berkas yang sudah disiapkan :

  • Pilih icon lampiran pada gambar bagian bawah.
  • Pilih berkas lamaran yang akan dikirim.
  • Tunggu sampai proses kirim/upload berhasil.

7. Periksa Ulang Email Yang Akan Dikirim

Jangan lupa untuk periksa ulang email, dari alamat perusahaan/penerima, subject, dan isi email dengan teliti agar tidak ada yang salah isi.

8. Kirim Lamaran

Ketika semua sudah diperiksa dan sudah tidak ada yang salah, kemudian tinggal kirim email tersebut dengan cara pilih tombol send/kirim, lalu tunggu sampai ada notifikasi bahwa email sudah terkirim.

Hal-Hal Pendukung Yang Perlu Diperhatikan

1. Meyakinkan Diri

Untuk pelamar pekerjaan tentunya akan ada banyak saingan yang juga ikut mendaftar lowongan kerja via email tersebut.

Penting untuk anda untuk meyakinkan diri anda pada HRD perusahaan agar perusahaan bisa menganggap bahwa anda adalah orang yang perusahaan cari.

Maka perkenalkan diri anda dan jangan lupa ceritakan pengalaman kerja anda agar menjadi nilai tambah untuk pertimbangan perusahaan.

2. Isi Tujuan Email Anda

Penting untuk anda agar mengisi niat dan tujuan anda pada paragraf pertama saat mengisi body email, supaya HRD bisa langsung tahu kalau anda ingin melamar pekerjaan.

Tujuanya juga agar mereka tahu kalau email yang anda kirim bukanlah email spam dan pastinya akan segera diihat oleh pihak perusahaan.

3. Bahas Tentang Perusahaan

Untuk nilai tambah, anda wajib mencari info perusahaan dan mempelajari apa saja yang ada diperusahaan, agar pihak perusahaan bisa senang kalau anda paham tentang perusahaan yang dilamar.

Tunjukan bahwa kamu sangat terkesan dengan perusahaan tersebut dan jelaskan bahwa memang pantas untuk bergabung dengan perusahaan mereka.

4. Berikan Kesan Baik

Saat anda menulis pada body email, tunjukan bahwa sangat antusias dan sangat ingin bekerja pada perusahaan tersebut.

Pada paragraf terakhir buatlah kata-kata tegas bahwa anda ingin bergabung pada perusahaan tersebut dan buat mereka terkesan agar mereka menghubungi anda.

Jangan sekali-kali mebuat kata-kata yang mengambang dan membuat pihak perusahaan tidak melirik anda, dan anda jadi kehilangan kesempatan untuk bergabung.

5. Gunakan Bahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar

Perlu diperhatikan bahwa penulisan surat lamaran kerja wajib menggunakan bahasa indonesia yang baik dan benar untuk menunjukan anda itu adalah orang yang profesional.

Jangan menggunakan bahasa yang tidak sopan atau tulisan yang disingkat-singkat, karena itu akan sangat mempengaruhi surat lamaran kerja anda dan terlihat tidak serius.

6. Ukuran File Tidak Sampai 1 MB

Untuk mempercepat perusahaan dalam mengunduh file anda, usahakan ukuran file kurang dari 1 MB agar file anda juga bisa lebih cepat untuk dilihat.

7. Hindari Menggunakan Format zip/rar

Format zip/rar memang bisa mengkompres file anda menjadi kecil, namun itu akan mempersulit pihak perusahaan untuk mengubah berkas milik anda.

Jadi perlu diperhatikan ketika ingin mengirim surat lamaran kerja via email agar menggunakan format selain zip/rar.

8. Hindari Kirim Email Dengan Isi Yang Sama

Pada saat anda ingin mengirim surat lamaran via email, hindari isi email yang sama atau copy paste untuk mendaftar perusahaan yang berbeda-beda.

Hal ini harus dihindari karena bisa mengakibatkan anda salah isi atau salah kata-kata dan berakibat fatal untuk surat lamaran pekerjaan yang anda kirim.

Lebih baik buat isi yang baru agar anda bisa memastikan bahwa tujuan anda dalam melamar pekerjaan via email ini bisa berjalan lancar.

Penutup

Sebagai pelamar kerja pada masa digital ini, perlu untuk anda agar mempelajari tentang berbagai cara untuk melamar pekerjaan via email.

Langkah-langkah cara membuat surat lamaran kerja via email ini sangat penting untuk dipelajari, mengingat banyak perusahaan saat ini lebih memilih pengiriman berkas lamaran via email.

Namun perlu diingat, untuk membuat surat lamaran via email juga tidak boleh asal-asalan, karena harus mengikuti aturan-aturan yang sudah ada agar lamaran anda bisa diterima dengan baik.

Itulah pembahasan tentang tentang cara membuat surat lamaran kerja via email, semoga ulasan ini bisa membantu anda yang sedang ingin melamar kerja via email.

Demikian ulasan ini kami buat agar bisa menambah wawasan untuk anda yang belum mengetahui cara membuat surat lamaran kerja via email, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *