13 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan

13 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan
Manfaat Buah Delima

13 Manfaat Buah Delima untuk kesehatan – Jadi teringat waktu kecil saat masih tinggal di kampung halaman saya senang sekali makan buah delima yang sering kami tanam di halaman rumah, namun tentu saat itu tak pernah terpikirkan sama sekali apa manfaat buah delima bagi kesehatan, entah itu untuk pria maupun wanita terutama bagi yang sedang hamil.

Kenapa kami bisa beranggapan seperti ini?. hal itu karena kami hanya menganggapnya sebagai buah-buahan biasa yang bagus bila ditanam dihalaman rumah, selain karena buahnya nampak menarik, pohon delima juga tidak terlalu tinggi.

Buah delima atau “Punica granatum L” ini ternyata banyak memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh. Didalam buah delima terkandung, asam sitrat, asam malat, maltosa, glukosa, fruktosa, mineral “kalsium, zat besi, fosfor, natrium, magnesium, dan kalium” vitamin A, vitamin C, dan tanin. Buah delima juga terbagi menjadi dua jenis yang berbeda. ada yang berwana merah dan ada juga yang berwarna putih.

Kandungan utama di dalam buah delima adalah, alkaloid pelletierene, betulic acid, granatin, elligatanin, isoquercitrin, triterpenoid, resin,kalsium oksalat, dan pati yangv terdapat pada kulitnya.

Ada begitu banyak sekali manfaat buah delima bagi kesehatan bila buah delima dikonsumsi secara teratur setiap hari. Apa saja manfaatnya ? Berikut ini saya akan mengulasnya untuk sahabat.

Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat Antioksidan yang terkandung didalam buah delima, sangat berguna untuk menurunkan kolesterol jahat “LDL”, serta dapat meningkatkan kolesterol baik “HDL”, hal ini akan berfungsi untuk memperlancar dan meningkatkan aliran darah ke jantung, sehingga jantung akan tetap sehat.

Manfaat Buah Delima Untuk Menyehatkan Arteri

Arteri yang sehat tentu akan baik untuk kesehatan jantung, serta akan membuat kita terhindar dari darah tinggi, dan juga stroke. Oleh sebab itu mengkonsumsi buah delima setiap hari akan membuat plak yang terbentuk pada arteri akan terkikis habis.

Manfaat Buah Delima Untuk Tekanan Darah tinggi

Bagi Anda yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, sangat baik bila mengkonsumsi Jus buah delima setiap hari, karena akan bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi, dan juga berguna untuk menjaga kesehatan seluruh tubuh.

Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Kanker

Buah delima juga bila di konsumsi setiap hari akan sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi, vitamin C, vitamin A dan juga zat besi yang terkandung dalam buah delima sangat bermanfaat untuk memerangi dampak radikal bebas. Memakan buah delima setiap hari juga sangat bermanfaat untuk menghentikan kerusakan sel, yang pada akhirnya dapat mencegah kanker seperti, kanker prostat, kanker payudara dan kanker paru-paru.

Manfaat Buah Delima Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Vitamin C sangat penting untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, didalam buah delima yang memiliki ukuran sedang terkandung sekitar 15 % vitamin C dari kebutuhan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi dengan memakan buah delima setiap hari akan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terjangkit penyakit.

Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Osteoartritis

Buah bedlima juga memiliki manfaat yang bagus untuk tulang. Dengan meminum jus buah delima setiap hari, akan bermanfaat untuk tulang menjadi semakin kuat, sehingga bisa mencegah kondisi osteoarthritis .

Manfaat Buah Delima Untuk Mengendalikan Berat Badan

Bagi Anda yang sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan maka, mengkonsumsi buah delima setiap hari dapat mengendalikan berat badan. Hal ini terjadi karena adanya antioksidan yang terkandung didalam buah delima. Oleh sebab itu dalam melakukan diet alangkah baiknya Anda minum jus buah delima setiap hari, karena dapat menghilangkan kalori ekstra .

Manfaat Buah Delima Untuk Mencegah Penyakit Alzheimer

Buah delima bila dikonsumsi setiap hari, akan bermanfaat untuk membantu mencegah penyakit Alzheimer. Bagi penderita Alzheimer bila mengkonsumsi buah delima setiap hari maka akan memperlambat perkembangannya. Selain itu akan bermanfaat juga untuk meningkatkan otak penderita, dan sangat membantu dalam melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik serta lebih aktif.

Manfaat Buah Delima Untuk Kulit

Untuk menjaga kesehatan kulit buah delima merah memiliki manfaat yang luar biasa. Didalam buah delima merah terkandung senyawa dan nutrisi yang menyehatkan, seperti zat Antioksidan, antimikroba, anti inflamasi dan anti penuaan dini. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit yang menggunakan buah delima. Adapun bebrapa manfaat buah delima untuk kesehatan kulit dapat Anda simak dibawah ini:

Manfaat Buah Delima untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Komponen dasar kulit adalah Kolagen, yang menjaga agar kulit tetap lembut, halus dan kencang. Didalam buah delima senyawa tertentu yang terkandung didalamnya akan menghentikan enzim yang menghambat kolagen, sehingga kesehatan kulit akan selalu terjaga dengan baik.

Dengan kesehatan kulit yang terjaga maka akan membantu pertumbuhan fibroplasts, yaitu sel-sel yang memproduksi elastin dan serat untuk kulit agar kulit tetap halus dan lentur.

Kandungan yang terdapat didalam buah delima juga berfungsi merangsang proliferasi keratinosit , yaitu sel-sel yang membentuk lapisan terluar dari kulit. Peningkatan jumlah sel-sel akan memungkinkan kulit untuk memperbaiki diri dengan lebih baik.

Manfaat Buah Delima untuk Kulit Kering

Bagi Anda yang memiliki kulit yang tidak sehat seperti kulit kering maka, struktur molekul dalam buah delima yang kecil dapat menembus kedalam kulit, sehingga efektif untuk mengobati masalah kulit kering. Buah delima juga memiliki kemampuan untuk melembabkan kulit kering, kulit pecah-pecah dan iritasi karena mengandung asam punicic “asam lemak omega5 , yang mencegah hilangnya kelembaban”.

Manfaat Buah Delima untuk Kulit Berminyak

Salah satu keluhan yang terjadi pada manusia adalah kulit berminyak. Oleh sebab itu minyak delima juga sangat bagus untuk membantu mengatasi kulit berminyak, itulah kenapa delima sangat sering digunakan kedalam produk perawatan kulit.

Manfaat Buah Delima untuk Pengobatan Jerawat

Siapapun pasti tidak menginginkan kulit wajahnya berjerawat, salah satu penyebab terjadinya jerawat adalah karena masalah pencernaan, atau ketidakseimbangan hormon.

Buah delima sangat kaya akan Vitamin C, yang berfungsi untuk mengatur produksi sebum, yaitu zat berminyak yang disekresikan oleh kulit yang merupakan akar penyebab timbulnya jerawat.

Mengkonsumsi buah delima juga bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan, dengan pencernaan yang baik maka akan meningkatkan sirkulasi darah yang sehat.

Cara lain yang bisa digunakan dari manfaat buah delima untuk jerawat adalah dengan mengoleskan jus delima pada daerah yang terkena jerawat, hal ini akan mencegah jerawat dan sekaligus akan memudarkan bekasnya karena akan menumbuhkan jaringan baru di daerah yang terkena jerawat.

Manfaat Buah Delima untuk Membantu Regenerasi sel

Regenerasi sel sangat diperlukan oleh kulit. Kerusakan pada kulit seringkali yang menjadi penyebab masalah pada kulit seperti, pigmentasi kulit, dan bintik-bintik hitam yang timbul pada kulit karena usia yang semakin menua.

Delima sangat bermanfaat untuk melindungi epidermis yaitu lapisan luar kulit, dan memfasilitasi regenerasi sel kulit di epidermis “lapisan kulit dalam”.

Delima dapat membantu produksi antioksidan yang alami oleh tubuh, dan hal ini akan membantu meregenerasi sel kulit, serta membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan membantu memperbaiki jaringan kulit bahkan penyembuhan luka.

Manfaat Buah Delima untuk Anti penuaan dini

Duah delima sangat baik karena memiliki sifat anti penuaan, sehingga bisa membantu meremajakan kulit kembali baik internal maupun eksternal.

Meminum jus buah delima secara teratur juga bermanfaat untuk memperbaiki kulit yang rusak karena paparan UV sinar matahari maupun akibat proses penuaan.

Minyak biji delima akan sangat membantu untuk memperkuat lapisan epidermis,yang akan mengurangi atau menunda kulit keriput.

Kulit yang tidak terawat dengan baik akan cepat rusak, oleh sebab itu buah delima akan mampu memperbaiki kerusakan kulit, sehingga kulit halus dan awet muda, dan juga akan memperpanjang umur fibroplasts, yaitu sel yang ikut dalam memproduksi kolagen dan elastin.

Kolagen dan elastin akan menunjang kulit agar memiliki elastisitas, sehingga kulit akan tetap awet muda sehingga dapat meminimalkan terjadinya keriput.

Itulah 13 manfaat buah delima bagi kesehatan tubuh manusia. Semoga artikel ini bermanfaat buat semua pembaca loker-like.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *